Seminar Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Sains UNCP

Palopo – Fakultas Sains UNCP gelar seminar hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Kamis 25 November 2021. Pelaksanaan seminar secara hybrid (daring 23 orang dan luring 82 orang), yang diikuti oleh dosen, mahasiswa UNCP dan masyarakat Kota Palopo. Pemateri kegiatan seminar sebanyak 2 tim, yaitu peneliti hibah dan peneliti mandiri. Tim peneliti hibah adalah Nurmalasari, S.Si., M.Sc dan Sukarti, S.Si., M.Si. (Penerima program hibah DRPM, Kemenristek/BRIN Skema Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi). Tim peneliti mandiri adalah dosen UNCP Rahma Hi Manrulu, S.Si.,M.Sc., Aryadi Nurfalaq S.Si., M.T, dan Iis Dahlia, S.Si.

Kegiatan seminar dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UNCP, Irwan Ramli, Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan bahwa skema hibah penelitian merupakan salah satu upaya Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (DRPM Kemenristek/BRIN) dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas penelitian dosen. “Kita berharap yang lolos menjadi¬†trigger(pemicu) bagi dosen dan mahasiswa dalam memperoleh hibah,” pungkasnya.

Prof. Dr. Asri, M.Pd. Ketua LPPM UNCP dalam sambutannya menyampaikan bahwa tugas utama seorang dosen adalah wajib menjalankan Tridharma PT, salah satu wujudnya adalah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “Selamat kepada penyelenggara seminar hasil berbasis produk dalam bentuk paten, semoga memberikan manfaat kepada masyarakat dan menjadi rujukan bagi peneliti selanjutnya,” ucapnya.

Nurmalasari, S.Si. M.Sc. menjelaskan tentang karbon dari limbah sagu. Pemanfaatan limbah ampas sagu digunakan hanya sebatas sebagai pakan ternak dan bahkan di beberapa daerah limbah sagu hanya dibiarkan begitu saja tanpa pengolahan lebih lanjut. Kondisi ini menghadirkan peluang bagi peneliti untuk mengolah limbah sagu agar memberikan manfaat lain dengan mengolahnya menjadi karbon aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karbon aktif memiliki luas permukaan yang besar dan dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang, seperti pada bidang lingkungan, pangan dan industri pengolahan bijih logam. Harapannya karbon dapat diproduksi dalam skala besar sehingga pada tahun berikutnya akan dilakukan kajian tekno ekonomi karbon aktif.

Rahma Hi Manrulu, S.Si., M.Sc. memaparkan tentang Pendugaan Sebaran Air Tanah Menggunakan Metode Geolistrik Resistivitas Konfigurasi Wenner dan Schlumberger Di Kampus 2 Universitas Cokroaminoto Palopo. Sebagian besar masyarakat masih menggunakan air sumur untuk kebutuhan air bersihnya. Namun, terkadang air tersebut tidak memenuhi SNI karena berbau, berwarna dan memiliki salinitas tinggi. Sehingga perlu mendeteksi kedalaman air tanah bawah permukaan (akuifer). Manfaatnya adalah untuk memperoleh kedalaman air tanah, sehingga dapat direkomendasikan kedalaman sumur galian atau sumur bor pada lokasi penelitian.

Pemaparan kedua hasil riset terapan tersebut juga sekaligus sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat melalui sosialisasi pemanfaatan limbah sagu dan pemanfaatan alat pendeteksi kedalaman air tanah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *